Penetapan Penerima program BSM/Program Indonesia Pintar (PIP):

Yang harus dilakukan oleh Kepala Madrasah(MI, MTs dan MA) :

  1. Kepala Madrasah menginformasikan kepada siswa yang memiliki KIP/KKS untuk segera melapor ke madrasah dengan membawa  salinan /foto copy KIP/KKS.
  2. Menginformasikan kepada siswa yang tidak memiliki KIP tetapi orangtuanya memiliki KKS/KPS dan  membawa salinan KKS/KPS nya ke Madrasah beserta bukti tambahan seperti Kartu Keluarga atau surat keterangan dari RT/RW, Kepala Desa setempat yang menerangkan bahwa siswa adalah anggota keluarga (anak/cucu)dari orangtua yang tercantum namanya diKPS/KKS.
  3. Merekapitulasi siswa yang telah melaporkan KIP/KKS/KKS serta data siswa sesuai kriteria yang telah ditetapkan untuk diusulkan sebagai calon penerima manfaat Program BSM/Indonesia Pintar
  4. Menetapkan daftar calon penerima manfaat Program BSM/Indonesia Pintar (Form PIP-01)
  5. Apabila pendataan Pengusulan Siswa yang memiliki KIP/KKS/KPS telah selesai dan kuota masih tersedia, madrasah dapat mengusulkan calon penerima manfaat Program BSM/Indonesia Pintar dengan memprioritaskan siswa yang orangtuanya peserta Program Keluarga Harapan (PKH), Siswa yang berasal dari panti sosial/panti asuhan yang dikelola oleh kementerian Sosial, siswa yatim dan/piatu, Siswa dari Rumah Tangga pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan/Desa atau;serta pertimbangan lain sesuai kriteria di atas.
  6. Membuat SK Penetapan Siswa Calon Penerima manfaat Program BSM/Indonesia Pintar dan berita acara surat keputusan daftar siswa calon penerima manfaat Program BSM/ Indonesia Pintar (Form PIP-04)
  7. Megirim seluruh salinan form PIP (01,04,04-A,07,12,12-A) ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo lewat Pengawas/PPAI di wilayah masing-masing.
  8. Membuat Pengumuman penerima manfaat Program BSM Indonesia Pintar (Form PIP-07) apabila telah menerima salinan keputusan siswa keputusan penerima manfaat Program BSM/Indonesia Pintar.

Untuk juknis PIP silahkan download link di bawah ini :

Juknis PIP 2016

Contoh berkas BSM/PIP tahun 2016 :

FORM PIP-01

FORM PIP-04

FORM PIP-04A

FORM PIP-07

FORM PIP-12

FORM PIP-12A

Keterangan :

Untuk Surat Pemberitahuan dan Daftar Siswa Penerima PIP dapat di lihat di bawah ini

Surat pengusulan

SK Penerima PIP

Daftar Penerima PIP (untuk MI)

Daftar Penerima PIP (untuk MTs)

Daftar Penerima PIP (untuk MA)

Bagi Siswa MI yang belum punya rekening segera ke Pendma untuk mengisi aplikasi pembukaan rekening baru Bank Jatim

Bagi Siswa MTs dan MA yang belum punya rekening segera datang ke Bank BTN Syari’ah untuk mengisi aplikasi pembukaan rekening baru

Berkas Pengajuan di Jilid rangkap satu (MI warna Merah, MTs warna Hijau, dan MA warna Biru) dilengkapi dengan foto copy Rekening (bagi siswa yang sudah punya) juga dengan mengumpulkan soft copy Form PIP yang sudah di contohkan di atas.

Berkas Pengajuan BSM/PIP ke Pengawas/PPAI di wilayah masing-masing, dimulai pada tanggal 02 Mei 2016 dan terakhir tanggal 18 Mei 2016